ini ditujukan bagi siapa saja yang membutuhkan, untuk digunakan sebagai referensi sesuai keperluan baik itu di lingkungan sekolah (Pendidikan dan Kesehatan) ataupun umum untuk Guru bahkan Operator Sekolah. Anda dapat melihat preview sebelum mendownload guna menghindari kesalahan pemilihan file. Berikut ini preview dan link downloadnya :

File Name : 5 KESALAHAN GURU YANG WAJIB DIHINDARI DI SEKOLAH | File Size : 22.23 Kb
Tips – Sebagai manusia, pastinya tak akan pernah luput dari kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak. Kesalahan itu juga bisa terjadi dengan guru, bahkan mungkin saja seringkali dilakukan oleh guru. Berikut admin paparkan 5 Kesalahan Guru yang Wajib dihindari di sekolah.

5 KESALAHAN GURU YANG PALING WAJIB DIHINDARI DI SEKOLAH

1. Merasa Paling Pandai ( " Diatas langit masih ada langit ")
Merasa paling pandai dikelas merupakan sebuah kesalahan dari guru yang seringkali tidak disadari. Kesalahan ini berawal dari kondisi, jika secara umum siswa di sekolahnya relatif lebih muda dari gurunya. Hal itu menjadikan guru merasa bahwa siswa lebih bodoh dibandingkan dirinya. Justru admin lebih cenderung kalau siswa tersebut bukanlah BODOH melainkan belum mengenal lebih jauh. Apalagi Kalau Guru tersebut mengeluarkan kata " BODOH " berarti Guru tersebut sudah menghina "Sang Pencipta".

2. Mengambil Jalan Pintas Dalam Pembelajaran
Tugas paling utama dari seorang guru adalah mengajar. Beberapa kasus menunjukkan jika tak sedikit diantara para guru yang merasa telah mengajar dengan baik. Walaupun terkadang tak bisa menjelaskan alasannya yang berdasar pada asumsi yang mana. Sedangkan hasil dari setiap pembelajaran dikelas tidaklah bersifatiInstant karena memang hasilnya itu akan dirasakan nanti setelah siswa dan siswi beranjak dewasa mengarungi kehidupannya kelak. Bisa dikatakan semua itu adalah proses yang harus dilaksanakan dan dijalani dengan baik supaya hasilnya maksimal. 

3. Menggunakan Destructive Disclipline
Belakangan ini tak sedikit perilaku negatif yang dilakukan oleh siswa. Begitu juga dalam proses pembelajaran. Guru akan mengahadapi berbagai situasi yang menuntutnya untuk melakukan tindakan disiplin. Dalam hal ini, tak dimungkiri jikai guru memberikan hukuman kepada siswanya tanpa melihat latar belakang dari kesalahan yang diperbuat oleh siswa tersebut. Tak jarang jika guru memberikan hukuman di luar batas kewajaran pendidikan, dan banyak guru yang memberikan hukuman terhadap siswa tak sesuai dengan jenis kesalahannya. Maka dari itu lihat dahulu Latar Belakang Permalasahan yang ada, Bersikap Netral tanpa melihat siapa siswa itu. Bahkan bisa dikatakan setiap perilaku siswa negatif itu melihat dari contoh seperti perilaku Gurunya atau bahkan bentuk protes kepada Guru baik dalam cara mengajar, cara berpakaian atau cara berbicara.

4. Menunggu Peserta Didik Berperilaku Negatif
Di kelas, Guru berhadapan dengan banyak siswa, dimana seluruhnya ingin diperhatikan. Siswa tersebut akan berkembang secara optimal dengan adanya perhatian dari guru secara positif. Sebaliknya, perhatian negatif akan menghambat perkembangan dari siswa itu sendiri. Biasanya, siswa akan merasa sangat senang jika mendapat pujian dari guru dan sebaliknya akan merasa kecewa jika tidak diperhatikan sama sekali. Guru harus bisa memposisikan diri sebagai penengah selama memberikan pelajaran dikelas. Untuk itu Guru juga bisa berkoordinasi dengan Guru BK dan Wali Kelas supaya mudah mengetahui bagaimana Perilaku tiap siswa di Kelas.

5. Mengabaikan Perbedaan Siswa
Mengabaikan perbedaan individu siswa menjadi kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh guru. Padahal kita tahu bahwa memiliki perbedaan yang mendasar dalam pembelajaran. Setiap siswa mempunyai perbedaan unik. Mereka memiliki kekuatan, kelemahan, minat, dan perhatian yang berbeda-beda. Selain itu latar belakang keluarga juga berbeda, baik sosial ekonomi, dan lingkungannya. Di Point 4 sudah dibahas bahwa untuk masalah nomor 5 ini Guru bisa berkoodinasi dengan Guru BK, Wali Kelas. Sebagai tambahan Guru juga bisa Berkoordinasi dengan Guru Mata Pelajaran atau Guru kelas yang lain supaya setiap permasalahan dapat terpecahkan.

Dari uraian ke 5 Point diatas, Anda termasuk yang mana ya?? Semoga saja tidak ada yang termasuk ke dalam 5 KESALAHAN GURU YANG WAJIB DIHINDARI DI SEKOLAH. Akhir kata semoga bermanfaat serta berguna untuk Guru-Guru yang lain. Sumber : www.nadiguru.web.id
Jangan Lupa dibagikan ya... Terima Kasih
Preview

Diharapkan 5 KESALAHAN GURU YANG WAJIB DIHINDARI DI SEKOLAH ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Berkas Sekolah, Inspirasi dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.

LIHAT JUGA DOWNLOAD FILE GRATIS dan INFO LAINNYA :

Loading...
 
Top